Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya
Analisis SWOT
merupakan suatu bentuk instrumen perencanaan yang terdapat dalam
organisasi atau dalam manajemen perusahaan yang secara sistematis dapat
membantu dalam upaya penyusunan suatu rencana yang matang, baik itu
untuk tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.
Analisis SWOT juga dapat juga diartikan
sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat
deskriptif. Dalam hal ini analisa situasi dan kondisi berperan sebagai
faktor masukan, kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya
masing-masing. Satu hal yang perlu di catat baik-baik, bahwa analisis
SWOT ini hanya di gunakan untuk tujuan menggambarkan situasi yang sedang
dihadapi, dan bukan sebagai sebuah alat analisa yang dapat memberikan
solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.
Definisi Analisis SWOT
SWOT merupakan singkatan dari:- S = Strength (kekuatan).
- W = Weaknesses (kelemahan).
- O = Opportunities (Peluang).
- T = Threats (hambatan).
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
1. Strenght (S) atau disebut sebagai analisis kekuatan
Adalah suatu kondisi internal yang
menjadi pendorong keberhasilan meraih posisi unggul dari suatu
organisasi atau perusahaan dalam menghadapi persaingan. Yang harus di
lakukan dalam analisis ini adalah setiap organisasi atau perusahaan
harus bisa menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan
para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul
didalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk
mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga
kualitas yang lebih maju.
2. Weaknesses (W) atau disebut sebagai analisi kelemahan
Adalah suatu kondisi internal yang
menghambat keberhasilan dari suatu organisasi atau perusahaan untuk
mencapai tujuannya. Weaknesses merupakan sebuah cara untuk menganalisis
kelemahan sebuah organisasi ataupun perusahaan yang menjadi kendala
serius dalam kemajuan suatu organisasi atau perusahaan. Misalnya jika
perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik,
maka perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang
berhubungan dengan sektor pemasaran.
3. Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis peluang
Adalah suatu kondisi eksternal yang
menjadi pendorong keberhasilan dari suatu organisasi atau perusahaan dan
dapat memberikan peluang berkembangnya organisasi dimasa depan.
Opportunity adalah sebuah alat analisa yang gunanya untuk mencari sebuah
peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun
organisasi bisa berkembang di masa sekarang ataupun di masa yang akan
datang.
4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman
Adalah suatu kondisi eksternal yang
menghambat keberhasilan pencapaian tujuan suatu organisasi atau
perusahaan. Threat adalah sebuah alat analisa yang digunakan untuk
menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan
pada suatu perusahaan atau organisasi yang dapat menyebabkan kemunduran.
Jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi
penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang
maupun masa yang akan datang.
Manfaat Analsis SWOT
Metode analisis SWOT adalah sebuah
metode analisis yang paling dasar, yang berfungsi untuk melihat suatu
topik ataupun permasalahan dari 4 empat faktor yang berbeda. Hasil
akhirnya biasanya merupakan sebuah bentuk arahan ataupun rekomendasi
untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari segi peluang
yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga
menghindari berbagai ancaman yang mungkin akan terjadi. Jika digunakan
dengan baik dan benar, maka analisis ini akan dapat membantu sebuah
organisasi ataupun perusahaan untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan
atau tak terlihat selama ini. Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT
merupakan sebuah instrumen yang sangat bermanfaat dalam menganalisis
strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi
kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta
menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Cara Menggunakan Analisis SWOT
Untuk melakukan Analisis SWOT, kita perlu membuat beberapa pertanyaan dan menjawabnya sendiri seperti contoh-contoh berikut ini :Strength (Kekuatan)
- Kelebihan apa yang dimiliki oleh organsiasi ?
- Apa yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi lainnya?
- Keunikan apa yang dimiliki oleh organisasi ?
- Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan ?
Weakness (Kelemahan)
- Apa yang dapat ditingkatkan dalam organisasi ?
- Apa yang harus dihindari oleh organisasi ?
- Faktorapa yang menyebabkan kehilangan penjualan ?
- Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelemahan organisasi kita ?
- Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari organisasi kita ?
Opportunities (Peluang)
- Kesempatan apa yang dapat kita lihat ?
- Perkembangan tren apa yang sejalan dengan organisasi kita ?
Threats (Ancaman)
- Hambatan apa yang kita hadapi sekarang ?
- Apa yang dilakukan oleh pesaing organisasi ?
- Perkembangan Teknologiapa yang menyebabkan ancaman bagi organisasi ?
- Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan organisasi ?
Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Faktor-faktor yang mempengaruhi keempat komponen dasar Analisis SWOT diantaranya adalah :Faktor Internal (Strength dan Weakness)
- Sumber daya yang dimiliki
- Keuangan atau Finansial
- Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
- Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)
Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)
- Tren
- Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
- Sumber-sumber permodalan
- Peraturan Pemerintah
- Perkembangan Teknologi
- Peristiwa-peristiwa yang terjadi
- Lingkungan
Postingan Admin by Adi Permana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar