Senin, 30 Mei 2016

Satuan Layanan Perencanaan Karir


Satuan Layanan Bimbingan Konseling
Bidang Bimbingan Pribadi


A.     Judul Materi                             : Perencanaan Karier
B.     Bidang Bimbingan                     : Karier
C.     Fungsi  Layanan                        : Pemahaman
D.     Komponen Program                 : Layanan Dasar
E.    Tujuan Layanan                        : Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan peserta                  
                                                  didik mampu :
                                                  1. Memahami dan merencanakan karier ke depan
                                                  2. Mengetahui minat dan bakat setelah lulus SMK
                                                  3. Memahami konsekuensi terhadap karier yang dipilih
F.      Metode                                    : Ceramah dan tanya jawab
G.     Sasaran                                    : Kelas XI Administrasi Perkantoran 2
H.     Hari, Tanggal                            : Kamis, 12 Februari 2015
I.        Tempat                         : Ruang Kelas
J.       Alokasi Waktu             : 1 x 45 menit
K.    Alat dan Bahan             : Buku dan LCD
L.      Deskripsi Proses                       :
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Membuka
1.      Pembimbing mengawali kegiatan dengan salam dan doa.
2.      Pembimbing mengkondisikan kelas agar suasana kondusif dan peserta didik bisa fokus pada materi yang akan disampaikan.
5
Penyampaian materi Layanan Bimbingan
1.      Pembimbing menyampaikan materi layanan yang akan diberikan.
2.      Pembimbing menanyakan tentang isi dari materi yang disampaikan.
35
Penutup
1.      Peserta didik membuat kesimpulan atas materi layanan yang telah diberikan.
2.      Pembimbing membuat kesimpulan atas materi yang telah diberikan.
3.      Pembimbing menutup dan memberi salam.
5

M.   Rencana Evaluasi                      : Evaluasi proses pelaksanaan layanan
1.      Evaluasi Hasil
             Menggunakan test dan nontest untuk mengungkap
§  Pemahaman ( Understanding )
§  Sikap Positif ( Comfort )
§  Unjuk Kerja ( Action )

2.      Evaluasi proses menggunakan lembar observasi untuk mengungkap
§  Kesesuaian program
§  Keterlaksanaan program
§  Antusiasme peserta didik / konseli
§  Kehadiran peserta didik / konseli
§  Ketersediaan sarana dan prasarana
§  Dukungan terhadap mata pelajaran

N.    Rencana Tindak Lanjut :
O.    Referansi                                  :
                                                                                      Tarakan, 07 Februari 2015
                                                                                                         Guru BK,
                                                                                                        


                                                                                                         Dwi Lestari, S.P
                                                                                                        


Uraian Materi :
Merencanakan Karier
A.       Merencanakan Kelanjutan studi
Dengan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentunya kesempatan memperoleh pekerjaan yang lebih baik akan semakin besar pula. Apalagi saat ini tidak bisa dipungkiri persaingan begitu ketat untuk mencapai pekerjaan.
Perguruan tinggi yang tepat bukan berarti yang mahal dan terkenal namun yang sesuai dengan minat, kemampuan akademis serta kondisi sosial ekonomi disamping kredibilitas dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Dibawah ini beberapa informasi untuk mempertimbangkan massuk pergiruan tinggi :
·        Status dan akreditasi perguruan tinggi
·        Jalur, jenjang pendidikan dan bentuk perguruan tinggi
·        Sistem penerimaan mahasiswa
·        Perguruan tinggi kedinasan

B.       Mengikuti Kursus / Pelatihan
Pada dasarnya antara pedidikan dan pelatihan memiliki subtansi yang sama yaitu proses transformasi untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, kopetensi dengan suatu cara/metode tertentu dan tempat tertentu.
Perbedaan utama ddari Traning dan pendidikan terletak pada beberapa hal, yaitu :
·        Waktu
Dalam hal ini waktu traning hanya dalam waktu singkat sedangkan pendidikan lebih lama.
·        Bidang Kajian
Traning lebih kearah ilmu yang spesifik sedangkan pendidikan lebih luas.
·        Tujuan
Traning untuk meningkatkan kinerja/skill tertentu yang langsung diterapkan dalam pekerjaan sedangkan pendidikan lebih umum dan menyeluruh.
·        Penekanan
Traning lebih menekankan lerning by doing dan penguasaan secara parsian sedangkan pendidikan lebih berupa penambahan pengetahuan secara keseluruhan, penanaman konsep serta pembentukan pola pikir dan pola sikap.
C.       Memasuki Dunia Kerja
Bekerja merupakan suatu kebutuhan manusia, ddengan bekerja manusia berharap akan dibawa kepada keadaan yang lebih baik dan memuaskan bagi dirinya. Pekerjaan addalah suatu sumber penghasilan, kesempatan mengembangkan diri, serta aktualisasi diri, disamping untuk berbakti. Sebagai suatu kesempatan hendaknya pekerjaan tidak disia-siakan dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Setiap manusia diberikan bekal dan kemampuan yang berbeda begitu juga dengan pekerjaan terdapat berbagai macam pekerjaan yang menyerap waktu, pikiran dan tenaga. Sebagai imbalan orang yang bekerja memiliki hakbalas karya atau penghasilan.

D.      Memasuki Kehidupan Keluarga
Menikah hukumnya wajib bagi yang sudah mampu namun demikian untuk berumah tangga tidaklah mudah, untuk memasuki kehidupan berkeluarga/menikah ddiperlukan berbagai macam pertimbangan yaitu kesiapan secara fisik maupun ekonomi sangat diperlukan disamping kesiapan mental.
Ketika anda memutuskan untuk menikah berrti anda sudah harus siap bertanggung jawab bukan hanya untuk diri sendiri tetapi terhadap anak, keluarga dan lingkungan sosial. Orang yang sudah berumah tangga secara otomatis sudah dianggap dewasa walaupun secara umur masih belia. Berbagai macam tanggung jawab secara ekonomi, sosial, maupun moral akan dibebankan kepada anda, anda dituntut untuk dapat memberi nafkah apabila anda laki-laki dan dapat memelihara keluarga (suami dan anak) apabila anda perempuan. Disamping itu juga lingkungan dan keluarga akan menuntut anda untuk bertanggung jawab layaknya orang dewasa baik secara ekonomi, sosial, etika dan moral.
Sekiranya anda setelah lulus SMK memutuskan untuk menikah harus memperhatikan secara matang. Karena pernikahan diusia dini umumnya mengalami banyak hambatan dan tantangan.

EVALUASI HASIL

A.     Pemahaman Baru (  Understanding)
               1.            Menjelaskan apa yang dimaksud dengan karir
               2.            Menjelaskan konsekuensi karier yang akan diambil setelah lulus

B.     Perasaan Positif ( Comfort)
               1.            Mengidentifikasi manfaat dari perencanaan karir
               2.            Mengidentifikasi minat bakat untuk mengetahui karir yang sesuai

C.     Unjuk Kerja ( Action)
1.      Merencanakan karier untuk kedepan.
2.    Guru pembimbing memberikan refleksi kepada siswa-siswa dengan bimbingan dan
pengarahan.

PENILAIAN PROSES

No
Proses yang dinilai
Hasil pengamatan
Keterangan
Ya
Tidak
A
Kesesuaian Program
1
Materi layanan sesuai dengan kebutuhan konseli



2
Materi layanan mengacu pada sumber yang jelas



3
Materi layanan sesuai dengan perkembangan konseli



B
Keterlaksanaan program
1
Program terlaksana sesuai dengan satlan/RPP



2
Waktu pelaksaan sesui dengan satlan/RPP


Menyesuaikan jadwal pelajaran
3
Metode yang digunakan menarik



4
Langkah-langkah pelaksanaan lengkap meliputi pembukaan sampai evaluasi



C
Antusiasme peserta didik
1
Peserta didik antusias mengikuti kegiatan



2
Peserta didik disiplin mengikuti kegiatan



D
Kehadiran Peserta didik
1
Peserta didik hadir semua



2
Peserta didik hadir lebih dari 75%



E
Ketersediaan sarana prasarana
1
Sarana yang dibutuhkan tersedia



2
Sarana yang dibutuhkan berfungsi dengan baik




ANALISIS HASIL EVALUASI LAYANAN BK

TOPIK                  : Perencanaan Karir
Kelas                     :  XI Administrasi Perkantoran 2

NO
ASPEK YANG ANALISIS
JUMLAH
PRESENTASE
KETERANGAN
A
Pemahaman Baru  ( Understanding)
1
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan karir



2
Menjelaskan konsekuensi karir yang akan diambil setelah lulus



B
Perasaan Positif  (Comfort)
1
Mengidentifikasi manfaat dari perencanaan karir



2
Mengidentifikasi minat bakat untuk mengetahui karir yang sesuai



C
Unjuk kerja / Tindakan  (Action)
1
Merencanakan karir untuk kedepan.



2
Guru pembimbing memberikan refleksi kepada siswa-siswa dengan bimbingan dan pengarahan.





Admin By Yahya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar